Seputar Pendaftaran Siswa Baru

Tulisan Terbaru

Pelajari cara cepat mencari tulisan yang anda butuhkan DISINI
Loading

Minggu, 02 Oktober 2011

Siswa Memukul Guru


Kenapa Dipukul Guru Diem Aja Si?

Demikianlah judul sebuah artikel di Kompasiana

Dalam UU No. 23 tahun 2003 Pasal 16 Ayat 1 yang juga dilanggar tertulis: "Setiap anak berhak memperoleh perlindungan dari sasaran penganiayaan, penyiksaan, atau penjatuhan hukuman yang tidak manusiawi".

Perilaku kekerasan sering disebut juga bullying. Menurut Riauskina, Djuwita, dan Soesetio (2005) mendefinisikan school bullying sebagai perilaku agresif yang dilakukan berulang-ulang oleh seorang/sekelompok yang memiliki kekuasaan, terhadap kelompok lain yang lebih lemah, dengan tujuan menyakiti orang tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan bullying dilakukan oleh guru sebagai seseorang yang memiliki kekuasaan terhadap anak-anak nya seseorang yang lebih lemah.

Perilaku bullying dikelompokkan ke dalam 5 kategori: 

1. Kontak fisik langsung (memukul, mendorong, menggigit, menjambak, menendang, mengunci seseorang dalam ruangan, mencubit, mencakar, juga termasuk memeras dan merusak barang-barang yang dimiliki orang lain)

2. Kontak verbal langsung (mengancam, mempermalukan, merendahkan, mengganggu, memberi panggilan nama (name-calling), sarkasme, merendahkan (put-downs), mencela/mengejek, mengintimidasi, memaki, menyebarkan gosip)

3. Perilaku non-verbal langsung (melihat dengan sinis, menjulurkan lidah, menampilkan ekspresi muka yang merendahkan, mengejek, atau mengancam; biasanya diertai oleh bullying fisik atau verbal).

4. Perilaku non-verbal tidak langsung (mendiamkan seseorang, memanipulasi persahabatan sehingga menjadi retak, sengaja mengucilkan atau mengabaikan, mengirimkan surat kaleng).

5. Pelecehan seksual (kadang dikategorikan perilaku agresi fisik atau verbal). Nah bagaimana kalau yang mukul adalah siswa MTsN terhadap gurunya dan bahkan menjadi tontonan guru lain dan Polisi?



0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin menulis komentar tapi belum tahu caranya maka bisa dipelajari disini: Cara Menulis Komentar